KODE ETIK
HIMPUNAN PRAMUWISATA INDONESIA
- Pramuwisata harus mampu menciptakan kesan penilaian yang baik atas daerah, negara, bangsa dan kebudayaan.
- Pramuwisata dalam menjalankan tugasnya harus mampu menguasai diri, tenang, segar, rapih, bersih serta berpenampilan yang simpatik.
- Pramuwisata harus mampu menciptakan suasana gembira dan sopan menurut kepribadian Indonesia.
- Pramuwisata harus mampu memberikan pelayanan dan perlakuan yang sama kepada wisatawan dengan tidak meminta tip.
- Pramuwisata harus mampu
memahami latar belakang asal usul wisatawan serta mengupayakan untuk
menyakinkan wisatawan agar mematuhi hukum peraturan, adat kebiasaan yang
berlaku dan ikut melestarikan obyek.
- Pramuwisata mampu menghindari
timbulnya pembicaraan serta pendapat yang mengundang perdebatan
mengenai kepercayaan, adat istiadat, agama, ras dan sistem politik
sosial negara wisatawan.
- Pramuwisata berusaha memberikan
keterangan yang baik, apabila ada hal-hal yang belum dapat dijelaskan,
maka pramuwisata harus berusaha mencari keterangan hal tersebut dan
selanjutnya menyampaikan kepada wisatawan dalam kesempatan berikutnya.
- Pramuwisata tidak dibenarkan mencermakan nama baik perusahaan, teman seprofesi dan unsur-unsur pariwisata lainnya.
- Pramuwisata tidak dibenarkan untuk menceritakan masalah pribadinya yang bertujuan untuk menimbulkan rasa belas kasihan kepada wisatawan
- Pramuwisata pada saat perpisahaan mampu memberikan kesan yang baik agar wisatawan ingin berkunjung kembali.
EmoticonEmoticon